PEMBELAJARAN ONLINE YANG SIGNIFIKAN DI ERA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Yustina SMA Negeri 1 Siak Kecil, Siak, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37296/esci.v3i1.47

Abstrak

Di tengah penyebaran virus Covid-19 yang melanda dunia, Indonesia juga terkena imbasnya, terutama di bidang pendidikan. Jika biasanya proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka di dalam kelas, maka akibat pandemi ini proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring. Metode yang digunakan adalah observasi langsung di lapangan. Hasil analisis melihat bahwa peran teknologi sistem informasi dan komunikasi sangat penting sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran online dengan sistem pembelajaran yang fleksibel. Penelitian ini menekankan pada pembelajaran dengan bantuan platform teknologi informasi dan komunikasi. Media yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 antara lain WhatsApp, Zoom, Google Classroom (GCR) dan media teknologi lainnya yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Karena peran media inilah yang membuat penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut pergeseran dari media pembelajaran offline ke online.

Referensi

Adinugraha, F. (2018). Media Pembelajaran Biologi Berbasis Ecopreneurship. Dipetik 10 20, 2022, dari https://neliti.com/id/publications/234957/media-pembelajaran-biologi-berbasis-ecopreneurship

Ambotang, A. S., & Andin, C. (2014). Persepsi terhadap Penilaian Prestasi, Komitmen dan Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Teknik di Sabah. Dipetik 10 19, 2022, dari https://sainshumanika.utm.my/index.php/sainshumanika/article/view/390

Baidhori, A. (2017). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Blended Learning. Dipetik 09 13, 2022, dari http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/por/article/download/663/345

Kholilah, N. A., & Wahyuni, R. (2016). Perencanaan Bangunan Gedungpuskesmas Dempo Palembang. Dipetik 09 21, 2022, dari http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/3372

Lim, P. S. (2005). e-Sign: An electronic sign language dictionary (Letters A-M) / Lim Pek San. Dipetik 10 22, 2022, dari http://studentsrepo.um.edu.my/10024

Meutia, S., Matondang, A. R., & Nasution, H. (2017). Evaluasi Proses Pembelajaran Di Jurusan Teknik Industri Unimal. Dipetik 11 23, 2022, dari https://journal.unimal.ac.id/miej/article/download/139/109

Rahayu, T., Purwoko, P., & Zulkardi, Z. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Di Smpn 17 Palembang. Dipetik 11 23, 2022, dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/301

Rahmawati, D. R. (2018). Telaah Dualisme Diskursus Kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam Penuntutan Tindak Pidana Pencucian Uang. Dipetik 08 20, 2022, dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/63517/telaah-dualisme-diskursus-kewenangan-komisi-pemberantasan-korupsi-kpk-dalam-penuntutan-tindak-pidana-pencucian-uang

Rahmawati, I. D. (2017). Penggunaan Metode Drill Sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Hànzì Di Kelas X Smk Sahid Surakarta. Dipetik 11 23, 2022, dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/65284/penggunaan-metode-drill-sebagai-sarana-pembelajaran-menulis-hà nzì-di-kelas-x-smk-sahid-surakarta

S, W. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Dan Penilaian Portofolio Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Final Drive Di Kelas Xi Smkn 1 Sumatera Barat – Padang. Dipetik 11 23, 2022, dari http://jurnal.upi.edu/proceedingfptk/view/3149/pengembangan-bahan-ajar-dan-penilaian-portofolio-berorientasi-pembelajaran--berbasis---masalah----pada---mata-pelajaran---final-drive----di-kelas-xi-smkn-1---sumatera-barat-â¬-padang.html

Sari, N. T. (2018). Analisis Stilistika Dan Nilai Sosial Pada Novel Srepeg Tlutur Karya Tiwiek Sa Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah Menengah Atas. Dipetik 10 25, 2022, dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/61408/analisis-stilistika-dan-nilai-sosial-pada-novel-srepeg-tlutur-karya-tiwiek-sa-sebagai-bahan-ajar-pembelajaran-bahasa-jawa-di-sekolah-menengah-atas

Sebo, L., Andayani, A., & Subiyantoro, S. (2017). Nilai Pendidikan Karakter Dan Kearifan Lokal Legenda Wae Reke Masyarakat Ngada Nusa Tenggara Timur Dalam Relevansinya Dengan Pembelajaran Sastra Tingkat Sltp. Dipetik 11 23, 2022, dari http://aksara.online/article/view/17362

Septian, B. A. (2018). Analisis Model Gravitasi Terhadap Neraca Perdagangan Indonesia Tahun 2005-2015. Dipetik 10 24, 2022, dari http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22997

Tarsini, W. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Mind Mapping pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kompetensi Dasar Menggunakan Sistem Informasi Manajemen Siswa Kelas XI.AP1 SMK Negeri I Karang. Dipetik 11 23, 2022, dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/48556/mtg5nzu0/upaya-meningkatkan-hasil-belajar-dengan-menggunakan-model-pembelajaran-quantum-teaching-tipe-mind-mapping-pada-mata-pelajaran-pengantar-administrasi-perkantoran-kompetensi-dasar-menggunakan-sistem-informasi-manajemen-siswa-kelas-xiap1-smk-negeri-i-karang-img_20151104_0001.pdf

Wahyuni, F. (2016). Teori Belajar Konstruktifisme (Upaya Membangun Pengetahuan dalam Pembelajaran). Dipetik 11 23, 2022, dari http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/qalamuna/article/view/3102

Yulinda, P. (2018). Kajian Terjemahan Bentuk Pertanyaan Retoris (Rhetorical Question) dalam Novel Five On A Treasure Island Karya Enid Blyton dan Kualitas Terjemahannya (Pendekatan Pragmatik). Dipetik 11 23, 2022, dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/64336/kajian-terjemahan-bentuk-pertanyaan-retoris-rhetorical-question-dalam-novel-five-on-a-treasure-island-karya-enid-blyton-dan-kualitas-terjemahannya-pendekatan-pragmatik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-25

Cara Mengutip

Yustina. (2022). PEMBELAJARAN ONLINE YANG SIGNIFIKAN DI ERA PANDEMI COVID-19. EScience Humanity Journal, 3(1), 51-66. https://doi.org/10.37296/esci.v3i1.47

Terbitan

Bagian

SettingseScience Humanity Journal Volume 3 Number 1 November 2022