PEMBELAJARAN ONLINE YANG SIGNIFIKAN DI ERA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.37296/esci.v3i1.47Abstrak
Di tengah penyebaran virus Covid-19 yang melanda dunia, Indonesia juga terkena imbasnya, terutama di bidang pendidikan. Jika biasanya proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka di dalam kelas, maka akibat pandemi ini proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring. Metode yang digunakan adalah observasi langsung di lapangan. Hasil analisis melihat bahwa peran teknologi sistem informasi dan komunikasi sangat penting sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran online dengan sistem pembelajaran yang fleksibel. Penelitian ini menekankan pada pembelajaran dengan bantuan platform teknologi informasi dan komunikasi. Media yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 antara lain WhatsApp, Zoom, Google Classroom (GCR) dan media teknologi lainnya yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Karena peran media inilah yang membuat penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut pergeseran dari media pembelajaran offline ke online.
Referensi
Adinugraha, F. (2018). Media Pembelajaran Biologi Berbasis Ecopreneurship. Dipetik 10 20, 2022, dari https://neliti.com/id/publications/234957/media-pembelajaran-biologi-berbasis-ecopreneurship
Ambotang, A. S., & Andin, C. (2014). Persepsi terhadap Penilaian Prestasi, Komitmen dan Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Teknik di Sabah. Dipetik 10 19, 2022, dari https://sainshumanika.utm.my/index.php/sainshumanika/article/view/390
Baidhori, A. (2017). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Blended Learning. Dipetik 09 13, 2022, dari http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/por/article/download/663/345
Kholilah, N. A., & Wahyuni, R. (2016). Perencanaan Bangunan Gedungpuskesmas Dempo Palembang. Dipetik 09 21, 2022, dari http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/3372
Lim, P. S. (2005). e-Sign: An electronic sign language dictionary (Letters A-M) / Lim Pek San. Dipetik 10 22, 2022, dari http://studentsrepo.um.edu.my/10024
Meutia, S., Matondang, A. R., & Nasution, H. (2017). Evaluasi Proses Pembelajaran Di Jurusan Teknik Industri Unimal. Dipetik 11 23, 2022, dari https://journal.unimal.ac.id/miej/article/download/139/109
Rahayu, T., Purwoko, P., & Zulkardi, Z. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Di Smpn 17 Palembang. Dipetik 11 23, 2022, dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/301
Rahmawati, D. R. (2018). Telaah Dualisme Diskursus Kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam Penuntutan Tindak Pidana Pencucian Uang. Dipetik 08 20, 2022, dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/63517/telaah-dualisme-diskursus-kewenangan-komisi-pemberantasan-korupsi-kpk-dalam-penuntutan-tindak-pidana-pencucian-uang
Rahmawati, I. D. (2017). Penggunaan Metode Drill Sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Hànzì Di Kelas X Smk Sahid Surakarta. Dipetik 11 23, 2022, dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/65284/penggunaan-metode-drill-sebagai-sarana-pembelajaran-menulis-hà nzì-di-kelas-x-smk-sahid-surakarta
S, W. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Dan Penilaian Portofolio Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Final Drive Di Kelas Xi Smkn 1 Sumatera Barat – Padang. Dipetik 11 23, 2022, dari http://jurnal.upi.edu/proceedingfptk/view/3149/pengembangan-bahan-ajar-dan-penilaian-portofolio-berorientasi-pembelajaran--berbasis---masalah----pada---mata-pelajaran---final-drive----di-kelas-xi-smkn-1---sumatera-barat-â¬-padang.html
Sari, N. T. (2018). Analisis Stilistika Dan Nilai Sosial Pada Novel Srepeg Tlutur Karya Tiwiek Sa Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah Menengah Atas. Dipetik 10 25, 2022, dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/61408/analisis-stilistika-dan-nilai-sosial-pada-novel-srepeg-tlutur-karya-tiwiek-sa-sebagai-bahan-ajar-pembelajaran-bahasa-jawa-di-sekolah-menengah-atas
Sebo, L., Andayani, A., & Subiyantoro, S. (2017). Nilai Pendidikan Karakter Dan Kearifan Lokal Legenda Wae Reke Masyarakat Ngada Nusa Tenggara Timur Dalam Relevansinya Dengan Pembelajaran Sastra Tingkat Sltp. Dipetik 11 23, 2022, dari http://aksara.online/article/view/17362
Septian, B. A. (2018). Analisis Model Gravitasi Terhadap Neraca Perdagangan Indonesia Tahun 2005-2015. Dipetik 10 24, 2022, dari http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22997
Tarsini, W. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Mind Mapping pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kompetensi Dasar Menggunakan Sistem Informasi Manajemen Siswa Kelas XI.AP1 SMK Negeri I Karang. Dipetik 11 23, 2022, dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/48556/mtg5nzu0/upaya-meningkatkan-hasil-belajar-dengan-menggunakan-model-pembelajaran-quantum-teaching-tipe-mind-mapping-pada-mata-pelajaran-pengantar-administrasi-perkantoran-kompetensi-dasar-menggunakan-sistem-informasi-manajemen-siswa-kelas-xiap1-smk-negeri-i-karang-img_20151104_0001.pdf
Wahyuni, F. (2016). Teori Belajar Konstruktifisme (Upaya Membangun Pengetahuan dalam Pembelajaran). Dipetik 11 23, 2022, dari http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/qalamuna/article/view/3102
Yulinda, P. (2018). Kajian Terjemahan Bentuk Pertanyaan Retoris (Rhetorical Question) dalam Novel Five On A Treasure Island Karya Enid Blyton dan Kualitas Terjemahannya (Pendekatan Pragmatik). Dipetik 11 23, 2022, dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/64336/kajian-terjemahan-bentuk-pertanyaan-retoris-rhetorical-question-dalam-novel-five-on-a-treasure-island-karya-enid-blyton-dan-kualitas-terjemahannya-pendekatan-pragmatik