EVALUASI SISTEM PENDIDIKAN SELAMA COVID-19 TERHADAP PSIKOLOGI MAHASISWA

Penulis

  • Afriana Afriana Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.37296/esci.v2i1.24

Kata Kunci:

Sistem Pendidikan, COVID-19, Kelas Online, Psikologi Mahasiswa

Abstrak

Virus Covid-19 mempengaruhi seluruh dunia, termasuk sistem pendidikan dan berdampak terhadap psikologi mahasiswa. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana transisi sistem pendidikan dari mode belajar mengajar offline atau tatap muka ke mode belajar mengajar online di Universitas Putera Batam untuk proses belajar mengajar dan ujian semester secara online selama COVID-19. Dalam kajian ini, pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk mengetahui psikologi siswa dalam pembelajaran online. Untuk mengatasi masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang kegiatan belajar mengajar online yang berlangsung selama masa lockdown, termasuk keterkaitan antara proses manajemen perubahan dan proses belajar mengajar online dalam sistem pendidikan di Indonesia. di tengah wabah COVID-19. Gangguan yang sedang berlangsung dan dimulainya kembali kegiatan dan wacana pendidikan sebagai prosedur normal dalam sistem pendidikan. Data dianalisis menggunakan wiles (2020) dan Miles Huberman and Saldana (2014). Pada kajian ini ada 110 siswa sebagai responden. Hasil penelitian ditemukan bahwa mahasiswa kelelahan 100%, merasa pusing, lelah, nyeri bahu 85%, Demotivasi 21%, Penarikan diri dan menunda-nunda 70%, manajemen waktu yang buruk sekitar 76%, dan Merasa Terisolasi 85% dan Ketidakpastian terhadap apa yang dilakukan dosen/teman saat menjelaskan selama kelas online berlangsung 75%.

Referensi

B.Miles, M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis - Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, Johnny Saldaña - Google Books. In Sage Publications.

Creswell, J. W. (2013). 6: Choosing Among Five Approaches (Cresswell). In Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 RI. (2020). Peta Sebaran | Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Covid19.Go.Id.

Hasan, M., Bijoy, M. H. I., & Akhi, S. A. (2020). Refute the Decision of Auto-Promotion and Real Facts of Digital Online Classes during the Pandemic in Bangladesh. Proceedings of IEEE International Conference on Advent Trends in Multidisciplinary Research and Innovation, ICATMRI 2020. https://doi.org/10.1109/ICATMRI51801.2020.9398326

Irawan, A. W., Dwisona, D., & Lestari, M. (2020). Psychological Impacts of Students on Online Learning During the Pandemic COVID-19. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal). https://doi.org/10.24042/kons.v7i1.6389

Joseph, S. (2020). Isolation and Mental Health: The Psychological Impact of COVID-19 Lockdown on Children. Mukt Shabd Journal.

OECD. (2020). The impact of COVID-19 on education: Insights from education at a glance 2020. In OECD Journal: Economic Studies.

Ramatillah, D. L., & Isnaini, S. (2021). Treatment profiles and clinical outcomes of COVID-19 patients at private hospital in Jakarta. PLoS ONE. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0250147

Syahputri, V. N., Rahma, E. A., Setiyana, R., Diana, S., & Parlindungan, F. (2020). Online learning drawbacks during the Covid-19 pandemic: A psychological perspective. EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English. https://doi.org/10.26905/enjourme.v5i2.5005

Wiles, G. (2020, July 30). Students share impact of online classes on their mental health. The State News. Retrieved from: https://statenews.com/article/2020/07/students-share-impact-of-online classes-on-their-mental health?ct=content_open&cv=cbox_latest

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-12

Cara Mengutip

Afriana, A. (2022). EVALUASI SISTEM PENDIDIKAN SELAMA COVID-19 TERHADAP PSIKOLOGI MAHASISWA. EScience Humanity Journal, 2(1), 29-34. https://doi.org/10.37296/esci.v2i1.24

Terbitan

Bagian

eScience Humanity Journal Volume 2 Number 1 November 2021