TINGKAT KEMAMPUAN DIGITALISASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENYELESAIKAN BEBAN KERJA ADMINISTRASI DI SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN

Penulis

  • Dimas Ibrahim Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nursapia Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.37296/esci.v4i2.137

Kata Kunci:

Digitalisasi Komunikasi, Guru, Beban Kerja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kemampuan digitalisasi komunikasi guru dalam menyelesaikan beban kerja administrasi di SMP Negeri 1 Pegajahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data diterapkan melalui wawancara mendalam dengan 10 guru dan observasi partisipan di SMP Negeri 1 Pegajahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan digitalisasi komunikasi guru di SMP Negeri 1 Pegajahan masih relatif rendah. Hal ini dapat dilihat dari fakta bahwa banyak guru masih menerapkan metode manual dalam menyelesaikan beban kerja administrasi, seperti menggunakan kertas dan pena untuk menulis laporan dan korespondensi. Selain itu, guru juga masih belum terbiasa menggunakan aplikasi digital untuk berkomunikasi dengan orang tua dan wali murid. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perlu ada peningkatan keterampilan komunikasi digitalisasi bagi guru di SMP Negeri 1 Pegajahan. Hal ini dapat dilakukan melalui pelatihan dan lokakarya tentang penggunaan aplikasi digital untuk administrasi dan komunikasi. Selain itu, sekolah juga perlu menyediakan infrastruktur yang memadai, seperti komputer dan internet, sehingga guru dapat dengan mudah menggunakan aplikasi digital.

Referensi

Abdurrachman, Idie, D., Songbes, A. M. H., Arrang, R., Wahyudi, M., & Manuhutu, M. A. (2024). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan: Perspektif dari Studi Kepustakaan. Journal on Education, 06(02), 11359–11368.

Akmal, R. I., Ritonga, M. H., & Jailani, M. (2023). Peran Manajemen Humas dalam Mempromosikan Integritas Sekolah SMK Tritech Informatika Kepada Masyarakat Kota Medan. Communication & Social Media, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.57251/csm.v3i1.994

Anjerini, Z. J., Deni, I. F., & Rasyid, A. (2023). Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Siswa Tunarungu Di Slb Taman Pendidikan Islam Kota Medan. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(2), 604–608. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i2.1092

Frinda Novita, Roli Sambuardi, M. Taufiq Razali, Kasirul Fadli, Haryati, W. S. S. (2022). ANALISIS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA SEKTOR PUBLIK DALAM PELAYANAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Manajemen, 3(2), 723–741. www.aging-us.com

Izazi, N. I., & Fudhla, A. (2022). Kesiapan Guru Profesional Di Era Digital. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 1–7. https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/sniter/article/view/509

Latifah, L., Fatmawati, F., Ilham, I., & Gafur, A. (2023). Penerapan Sistem Kinerja Berbasis E-Kinerja Pada Pemerintahan Kota Bekasi. Jurnal Administrasi Negara, 29(1), 1–19. https://doi.org/10.33509/jan.v29i1.1830

Mustofa, M. (2019). Menghituang Beban Kerja Guru. Jurnal Audi, 3(1), 63–72.

Nursin, D., Syamsuddin, S., & Nirwana, N. (2022). Pengaruh Kualitas SDM, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sistem Pengendalian Intern terhadap Pengelolaan Keuangan Dana Desa dengan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Moderasi. Owner, 7(1), 77–101. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1359

Rezeki Hasibuan, S., Titin Sumanti, S., & Rozi, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pola Perilaku Komunikasi Siswa Sma Ar-Rahman Medan. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(5), 1411–1418. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i5.803

Samudra, M. (2024). Implementasi Dalam Sistem Informasi Pada Analisis Beban Kerja Pegawai Yang Berbasis Website Di Surabaya. Jurnal Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(2), 79–86.

Sari, R. Y., Subandi, A., & Irsyad, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Digital Terhadap Efisiensi Administrasi Pendidikan. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 4(1), 21–29. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/AoSSaGCJ/article/view/2389

Simangunsong, B. A. M. P. (2023). Pengaruh Beban Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 62–76. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v4i3.119

Syarief Hidayatulloh, F. (2023). Hubungan Beban Kerja, Perencanaan SDM, dan Kinerja Guru. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 128–139. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.231

Visnhu Pradana, B. G., & Mario Pratama, Y. (2022). the Role of the Digitalization of Learning Media on the Quality of Learning. Jurnal Sosial Humaniora, 13(2), 145–153. https://doi.org/10.30997/jsh.v13i2.4989

Wahyuni, I. (2022). TRANSFORMASI DIGITAL MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI : ADAPTASI PERAN GURU PEREMPUAN SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI PENDAHULUAN Dinamika pembelajaran formal pada jenjang pendidikan di Indonesia selama masa pandemi Covid-19 berlangsung melalui pelaksanaan pem. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 133–144.

Wijaya, A., & Arifin, Z. (2019). Pengaruh Digitalisasi Komunikasi Terhadap Kinerja Guru dalam Menyelesaikan Beban Kerja Administrasi. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Pendidikan, 7(2), 111-122.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-30

Cara Mengutip

Ibrahim, D., & Harahap, N. . (2024). TINGKAT KEMAMPUAN DIGITALISASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENYELESAIKAN BEBAN KERJA ADMINISTRASI DI SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN. EScience Humanity Journal, 4(2), 331-341. https://doi.org/10.37296/esci.v4i2.137

Terbitan

Bagian

eScience Humanity Journal Volume 4 Number 2 may 2024