BIMBINGAN DAN PENYULUHAN GURU-GURU PAUD DI PAUD EL SHADDAY, KEC. MEDAN DELI, KOTA MEDAN, PROV. SUMUT
DOI:
https://doi.org/10.37296/jpi.v3i2.79Keywords:
Edukatif, Kognitif, Afektif, Psikomotorik, PAUDAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ditujukan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun, yang diatur dalam UUD No. 20 Tahun 2003. Pentingnya Pendidikan anak sejak usia dini sudah disadari oleh masyarakat yang terlihat dari berkembang pesatnya lembaga pendidikan bagi anak-anak usia balita seperti kelompok bermain, taman kanak-kanak dan sekolah dasar bauk yang dikelola yayasan maupun berbagai lembaga keagamaan salah satunya adalah PAUD El Shadday. Pendidikan PAUD sendiri tidak hanya berfokus pada pemberian stimulasi pengayaan pengetahuan anak tetapi lebih diarahkan kepada pemberian potensi dan daya kreatifitas serta pembentukan suikap mental dan kepribadian anak. Hal ini akan menjadi dasar untuk pembentukan karakter dan kepribadian anak hingga dewasa. Pengabdian ini dilaksanakan di Paud El Shadday Kecamatan Medan Deli dan bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mengajar guru-guru PAUD. Kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan adalah bimbingan dan penyuluhan dari narasumber dibidang psikologi anak dan pemberian permainan edukatif. Hasil dari kegiatan ini adalah guru PAUD lebih memahami karakter anak didik, meningkatkan kreativitas guru melalui penambahan permainan edukatif anak dan pemanfaatan bahan-bahan yang ada disekitar dalam meningkatkan sensorik, motorik dan psikomotorik anak, serta bertambahnya rak besi buku sebagai tempat menyimpan buku pelajaran dan prakarya anak didik.
References
BP-4 Pusat Jakarta. 1994. Majalah Bulanan Nasehat Perkawinan dan Keluarga, Nomor 260/Tahun XXII, Jakarta: BP-4 Pusat Jakarta.
Langeveld, M.J. 1979. Ilmu Jiwa Perkembangan, Bandung: Jemmars.
Monks, F.J. dkk. 1989. Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, Yogyakarta: Gajdah Mada University Press.
Monks, F.J. dkk. 2002. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University.