Pelatihan Pembuatan Konten Video untuk Media Sosial di SMKN 42 Jakarta Barat

Authors

  • Dilla Widya Indriani Universitas Media Nusantara Citra
  • Valens Atila Nabhan Universitas Media Nusantara Citra
  • Muhammad Fatih Fadillah Universitas Media Nusantara Citra
  • Felisianus Novandri Rahmat Universitas Media Nusantara Citra

DOI:

https://doi.org/10.37296/jpi.v6i2.321

Keywords:

Generation Z, Content creation, Social media, Training, Video

Abstract

Dalam jurnal pengabdian ini, tim pengabdian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Generasi Z tentang pentingnya pembuatan konten. Pelatihan pembuatan konten video untuk media sosial di SMKN 42 Jakarta Barat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memproduksi konten kreatif yang relevan di platform media sosial. Kegiatan ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan Generasi Z yang semakin bergantung pada media sosial sebagai sarana ekspresi diri dan komunikasi. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah Participatory Learning and Action (PLA), yang memungkinkan peserta untuk belajar secara aktif dan terlibat langsung dalam setiap tahapan produksi konten. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa mengenai pentingnya media sosial, serta kemampuan mereka dalam menggunakan aplikasi populer seperti Canva dan CapCut untuk membuat video yang menarik dan sesuai dengan preferensi audiens. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan wawasan mengenai strategi pemasaran konten di media sosial untuk meningkatkan engagement dan jangkauan audiens. Pelatihan berhasil memberikan dampak positif, meskipun terdapat tantangan dalam hal keterbatasan waktu dan variasi tingkat keterampilan peserta.

References

Agustina, L. (2020). Viralitas Konten Di Media Sosial. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 1(2), 149–160. https://www.researchgate.net/publication/348296842

Davis, K. (2012). Tensions of identity in a networked era: Young people’s perspectives on the risks and rewards of online self-expression. New Media and Society, 14(4), 634–651. https://doi.org/10.1177/1461444811422430

Juniawan, F. P., Sujono, Syifania, D. Y., & Hamidah. (2023). Pembuatan Desain Kemasan Produk Untuk Pemberdayaan Industri Rumah Tangga dengan Metode Participatory Learning and Action. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 11–20.

Nasution, F. A., Thamrin, M. H., Nasution, L. N., & Fahreza, I. (2023). Pendidikan Politik Berbasis Digital Bagi Pemuda Karang Taruna Melalui Pelatihan Pembuatan Konten Digital. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 23–28.

Fatmawati, F., & Maulana, K. A. (2018). Analisis Produksi Program Berita Indonesia Morning Show di News and Entertainment Television. Profetik: Jurnal Komunikasi, 11(2), 58-73.

Nurdiansyah, D., Handayani, P., & Zabadi A, F. (2023). Peningkatan Skill Editing Video Karangan Taruna Menggunakan Aplikasi Mobile Phone Capcut. Communnity Development Journal, 4(3), 5572–5580.

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

Sumber Internet

RRI. (2024, May 29). Ini Data Statistik Penggunaan Media Sosial Masyarakat Indonesia Tahun 2024. Rri.co.id - Portal Berita Terpercaya; RRI. https://www.rri.co.id/iptek/721570/ini-data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024

Thompson, A., & Thompson, A. (2024, July 31). Digital 2024 July Global Statshot Report - We Are Social Indonesia. We Are Social Indonesia. https://wearesocial.com/id/blog/2024/07/digital-2024-july-global-statshot-report/

Downloads

Published

2025-01-16

How to Cite

Indriani, D. W., Nabhan, V. A., Fadillah, M. F., & Rahmat, F. N. (2025). Pelatihan Pembuatan Konten Video untuk Media Sosial di SMKN 42 Jakarta Barat. PUAN INDONESIA, 6(2), 421–428. https://doi.org/10.37296/jpi.v6i2.321

Issue

Section

Jurnal Puan Indonesia Vol 6 No 2 Januari 2025