Pembuatan Augmented Reality Sebagai Media Pendukung Perancangan Arsitektur Bangunan Pada CV. Wiradi Jaya Konstruksi

Authors

  • Ayu Manik Dirgayusari Institut Bisnis Dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)
  • Ketut Gde Manik Karvana Institut Bisnis Dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)
  • Ni Made Lisma Martarini Institut Bisnis Dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)
  • I Komang Mahendra Yoga Institut Bisnis Dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)

DOI:

https://doi.org/10.37296/jpi.v6i1.269

Keywords:

Augmented Reality, company, architectural

Abstract

Augmented Reality (AR) menjadi salah satu pilihan perusahaan untuk membantu memasarkan atau memperkenalkan produk mereka. CV. Wiradi Jaya Konstruksi adalah salah satu perusahaan pengembang rumah yang memiliki pelanggan dengan kebutuhan berbeda-beda. CV. Wiradi Jaya Kontruksi belum secara maksimal menggunakan teknologi sebagai media yang membantu saat melayani pelanggan mereka. Kendala yang dihadapi saat ini adalah pelanggan kurang maksimal mendapatkan informasi tentang rancangan arsitektur yang dimiliki. AR digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut karena merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan objek virtual ke dunia nyata sehingga pengguna dapat merasakan objek virtual seperti nyata. Membangun media AR ini berbasis android tujuannya adalah untuk mempermudah pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang produk yang dimiliki. Fitur dalam aplikasi ini AR camera, panduan, rotasi, desain interior, perubahan warna dan exit. Pengujian user experience menggunakan metode kuesioner dengan 8 pertanyaan mendapatkan hasil sebesar 81,25% menyatakan aplikasi termasuk kriteria sangat baik serta pengujian blackbox testing dimana semua fitur berjalan sesuai harapan.

References

Abdulghani, T., dan Sati, B. P. 2020. "Pengenalan Rumah Adat Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran". Media Jurnal Informatika, 11(1), 43. https://doi.org/10.35194/mji.v11i1.770.

Abdulghani, T., dan Sembada, R. M. 2021. "Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Memilih Model Kacamata Di Central Optikal 165 Dengan Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android". Media Jurnal Informatika, 13(1), 36. https://doi.org/10.35194/mji.v13i1.1299.

AS., S., Elmunsyah, H., dkk. 2022. "Augmented Reality ( AR ) Pada Perangkat Seluler dalam industri Arsitektur dan", 9(5), 44–52.

Harahap, A., Sucipto, A., dkk. 2020. "Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android". Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266.

Putra, P. B. A. A. 2020. "Implementasi Augmented Reality Pada Media Promosi Penjualan Rumah". Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 142–149. https://doi.org/10.47111/jti.v14i2.1163.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Dirgayusari, A. M. ., Karvana, K. G. M. ., Martarini, N. M. L. ., & Yoga, I. K. M. . (2024). Pembuatan Augmented Reality Sebagai Media Pendukung Perancangan Arsitektur Bangunan Pada CV. Wiradi Jaya Konstruksi. PUAN INDONESIA, 6(1), 159–168. https://doi.org/10.37296/jpi.v6i1.269

Issue

Section

Jurnal Puan Indonesia vol 6 no 1 July 2024