PEMBINAAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU-GURU KOMUNITAS MGMP BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP DI KECAMATAN SEKUPANG KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.37296/jpi.v2i1.26Keywords:
Karya Tulis Ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas, PlagiarismeAbstract
Abstrak
Penulisan karya tulis ilmiah jenis penelitian tindakan kelas telah menjadi sebuah kebutuhan dasar bagi para guru sekolah sebagai salah satu syarat dalam pengurusan kenaikkan pangkat dan golongan untuk setiap guru. Guru dituntut untuk mampu meneliti di dalam kelasnya dan memecahkan permasalahan yang terjadi di dalam kelasnya sendiri dengan menggunakan berbagai media dan sarana yang kreatif. Maka dari itu, pemerintah menetapkan kenaikan pangkat dan golongan tenaga pendidik wajib dengan melakukan penelitian. Berdasarkan pengamatan tim Pengabdi pengabdian terhadap para guru Sekolah Menengah Pertama di kota Batam, fenomena penelitian tindakan kelas bagi para guru untuk kenaikan pangkat mereka menarik minat tim Pengabdi pengabdian untuk mengadakan kegiatan pengabdian yang bersifat pembinaan pada guru-guru komunitas MGMP mata pelajaran Bahasa Indonesia di kecamatan Sekupang, kota Batam. Tentunya hal ini sejalan dengan tujuan para guru yaitu sebagai ajang pembelajaran untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang berguna dalam Pengabdian kenaikan pangkat dan golongan mereka,kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menambah pemahaman dan pengetahuan para guru terhadap karya tulis ilmiah dan mengasah kemampuan dan skill penulisan karya tulis ilmiah jenis penelitian tindakan kelas. Dari kegiatan pembinaan ini juga diharapkan agar para guru mampu terhindar dari plagiarisme dimana banyak ditemukan kasus plagiarisme pada karya tulis ilmiah usulan kenaikan pangkat guru. Out put dari kegiatan ini adalah proposal penelitian tindakan kelas yang dibuat oleh guru-guru komunitas MGMP mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai peserta pembinaan.
References
Sukanti. 2008. Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI. No. 1. Tahun 2008.
Widayati, Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI. No. 1. Tahun 2008.