Pelatihan dan Pembimbingan Kaizen Manajemen di SMK N 6 Batam

Authors

  • Meylia Vivi Putri Universitas Ibnu Sina
  • Khoerun Nisa Safitri Universitas Ibnu Sina

DOI:

https://doi.org/10.37296/jpi.v6i1.241

Keywords:

Kaizen Manajemen, Pelatihan, Pembimbingan, PKM, SMK

Abstract

Pendidikan kejuruan memiliki peran strategis dalam mencetak sumber daya manusia yang kompeten dan siap menghadapi dinamika industri yang terus berkembang. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan konseling dan pembimbingan dalam penerapan kaizen management di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dengan tahap pembuatan proposal, dilanjutkan dengan survei dan peninjauan lokasi setelah itu melakukan wawancara, kemudian dilakukan tahapan mengidentifikasi permasalahan mitra dan mengidentifikasi kebutuhan peralatan untuk pelatihan dan pembimbingan, setelah itu dilakukan pelaksanaan kegiatan. Pada tahap wawancara ditemukan permasalahan perlunya memperkenalkan prinsip-prinsip yang berlaku di dunia kerja/industri kepada siswa untuk memperkaya pengetahuan siswa sebelum memasuki dunia kerja, akhirnya disepakati untuk dilaksanakan pemberian materi terkait kaizen manajemen untuk memperkenalkan salah satu prinsip dasar yang digunakan di dunia industry. Prinsip Kaizen itu sendiri sudah banyak diterapkan pada perusahaan. Dengan memahami prinsip-prinsip Kaizen Manajemen, siswa akan memiliki bekal untuk berkontribusi dalam upaya perbaikan berkelanjutan di tempat kerja mereka nantinya. Kaizen itu sendiri merupakan filosofi manajemen berkelanjutan yang berfokus pada perbaikan terus-menerus. Pengabdian ini melibatkan kolaborasi antara dosen, tenaga pengajar/guru, dan siswa SMK. Sebelum memulai kegiatan tim PKM membagikan kuisioner yang harus diisi oleh peserta pelatihan. Pertanyaan ini digunakan untuk melihat pemahaman peserta terlebih dahulu terkait topik kaizen. Setelah itu baru dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan dan pembimbingan. Setelah kegiatan pelatihan dan pembimbingan selesai, dilanjutkan dengan menyebarkan kuisioner post test. Hal ini dilakukan untuk mengukur seberapa pemahaman peserta terkait materi yang telah disampaikan. Berdasarkan hasil Hasil analisis pre-test dan post-test terlihat adanya dampak positif. Sebelum mengikuti sosialisasi, nilai rata-rata pengetahuan peserta sebesar 2,150, sedangkan setelah sosialisasi rata-rata nilai peserta post-tes sebesar 4,552. Artinya terdapat peningkatan pemahaman sebesar 2,402 poin atau 111,7% yang menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap prinsip Kaizen. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi sudah efektif sesuai dengan tujuan kegiatan.

References

Abuzied, Y. (2022). A practical guide to the kaizen approach as a quality improvement tool. Global Journal on Quality and Safety in Healthcare, 5(3), 79–81.

Delgado Ortiz, O. R., & Montoya Cárdenas, G. A. (2022). Kaizen Methodology: literature review and implementation analysis. Journal of Scientific and Technological Research Industrial, 3(2), 26–35. https://doi.org/10.47422/jstri.v3i2.28

Gasper, L., & Beny Mwenda. (2023). Quantitative analysis of Kaizen philosophy on productivity improvement. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 12(3), 557–562. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i3.2455

Hotang, K. B., & Wina, S. (2022). PENGENALAN KAIZEN DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BELAJAR SISWA SMK KARYA GUNA 2–BEKASI. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT TRI PAMAS, 4(2).

Khuluqo, I. El, & Istaryatiningtias, I. (2022, July 11). The Relevance of the Vocational Education Curriculum to the Business World and Education in Vocational High Schools. https://doi.org/10.4108/eai.14-12-2021.2318540

Mwenda, B., & Gasper, L. (2022). KAIZEN APPROACH TO QUALITY IMPROVEMENT AND ITS FINANCIAL IMPLICATION. African Journal of Applied Research, 8(2), 394–405. https://doi.org/10.26437/ajar.31.10.2022.28

Panchal, K., & Dhale, A. (2023a). Productivity Improvement Using Principles of Kaizen. In H. Vasudevan, V. K. N. Kottur, & A. A. Raina (Eds.), Proceedings of International Conference on Intelligent Manufacturing and Automation (pp. 59–68). Springer Nature Singapore.

Panchal, K., & Dhale, A. (2023b). Productivity Improvement Using Principles of Kaizen (pp. 59–68). https://doi.org/10.1007/978-981-19-7971-2_6

Rohendi, D. (2022). Is Suitable for a Career? Views on Trends of Jobseekers in Vocational Education (Literture Review).

Rojaki, M., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Manajemen kerja sama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6337–6349.

Sahri, N. A., & Novita, N. (2019). Kaizen Costing sebagai Perbaikan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada E-Commerce. Jurnal Kajian Akuntansi, 3(1), 18–43.

Siswanto, R. (2019). Manajemen Kemitraan Guru Produktif SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. CV. Pustaka Media Guru.

Sridhar, S., Ponniah, V. M., & Sujatha, S. (2023). THE NEED FOR KAIZEN CULTURE FOR MANUFACTURING INDUSTRIES IN INDUSTRY 4.0. International Journal of Professional Business Review, 8(5). https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i5.1299

Sutrisno, B., Rimawan, E., & Sitorus, T. M. (2022). A Systematic Review of Kaizen Approach in Industries. In IJIEM (Indonesian Journal of Industrial Engineering & Management) (Vol. 3, Issue 2). http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/ijiem

Theresia, L., Sudri, N. M., Mauliddina, Y., & Rahmasari, B. (n.d.). Relationship Between Kaizen, Employees Work and Quality of Service A PLS-SEM Approach.

Zambrano-López, S., Solís-Quinteros, M. M., Zayas-Márquez, C., & Ávila-López, L. A. (2021). Kaizen Method Applied in Higher Education: Case Study of Autonomous University of Baja California. In S. Nazir, T. Z. Ahram, & W. Karwowski (Eds.), Advances in Human Factors in Training, Education, and Learning Sciences (pp. 122–130). Springer International Publishing.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Putri, M. V., & Safitri, K. N. (2024). Pelatihan dan Pembimbingan Kaizen Manajemen di SMK N 6 Batam. PUAN INDONESIA, 6(1), 97–108. https://doi.org/10.37296/jpi.v6i1.241

Issue

Section

Jurnal Puan Indonesia vol 6 no 1 July 2024