Pembinaan Percakapan Bahasa Inggris di SMAN 27 Aviari Batu Aji Batam

Authors

  • Gaguk Rudianto Universitas Putera Batam
  • Mhd Johan Universitas Putera Batam
  • Zia Hisni Mubarak Universitas Putera Batam
  • Winda Evyanto Universitas Putera Batam
  • Yunisa Oktavia Universitas Putera Batam
  • Nafdi Irawan Universitas Putera Batam
  • Dairi Sapta Rindu Simanjuntak Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Shafa Firda Nila Universitas Putera Batam
  • Afriana Afriana Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.37296/jpi.v6i1.238

Keywords:

conversation, communication, training

Abstract

            Kegiatan pengabdian ini adalah kegiatan berupa pelatihan tentang Percakapan Bahasa Inggris, Dasar bagi Siswa-siswi SMAN 27 Aviari – Batuaji – Batam. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Prodi Bahasa Inggris dan bekerja sama dengan pihak sekolah SMAN 27 tersebut. Materi pelatihan sudah disusun sedemikian rupa sehingga mampu setidaknya memberikan sedikit solusi bagi permasalahan siswa-siswi yang terjadi di zaman mileneal sekarang ini. Permasalahan-permasalahan tersebut antara lain, Siswa-siswi SMAN 27 Aviari kurang menguasai Bahasa Inggris dan mereka merasa tidak percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari di lingkungan sekolah ataupun rumah. Pelatihan ini dilakukan mulai bulan November 2023 dan berakhir pada bulan Januari 2024 dengan sebanyak 5 pertemuan yang dilakukan secara berkala. Dari pelatihan ini dihapkan peserta pelatihan mendapatkan penyegaran peningkatan pengetahuan tentang penerapan percakapan Bahasa Inggris, Di akhir dari pelatihan ini peserta pelatihan diharapkan mampu berbicara Bahasa Inggris lisan dengan struktur yang sederhana, serta merasa percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris sehari-hari.

References

Alwisol. 2012. Psikologi Kepribadian. Malang. UMM Press

Andi, Mappiare. 1982. Psikologi Remaja, Surabaya. Usaha Nasional

…. 2003. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Guru dan Dosen yang dilengkapi dengan Undang-Undang RI No 20

Brown, Douglas. (2001). Language Assessment Principle and classroom Practices. Teaching by Principle. Pearson Education, Inc. New York

Brown, Douglas. (2001). Teaching by Principle. Pearson Education, Inc. new York

Johan, M., Evyanto, W., Rudianto, G., Satria, R., Mubarak, Z. H., & Oktavia, Y. (2023). Teknik bertutur dalam menyampaikan pesan pada latihan kihon karate di dojo Raudhatul jannah. Puan Indonesia, 4(2), 233–240. https://doi.org/10.37296/jpi.v4i2.128

Kemenkumham. 2013. Pedoman Pembinaan Kepribadian Nara Pidana Bagi Petugas di Lapas dan Rutan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan

Maisyanah. 2016. Strategi Pendidikan Agama Islam Di Lapas Anak Kutoarjo

(Studi Kasus Remaja Di Lapas Anak Kutoarjo, Jawa Tengah) Jurnal el-Hekam, Vol. I, No. 1, Januari-Juli

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Rudianto, G., Johan, M., Mubarak, Z. H. ., Evyanto, W. ., Oktavia, Y. ., Irawan, N. ., Simanjuntak, D. S. R. ., Nila, S. F. ., & Afriana, A. (2024). Pembinaan Percakapan Bahasa Inggris di SMAN 27 Aviari Batu Aji Batam. PUAN INDONESIA, 6(1), 297–304. https://doi.org/10.37296/jpi.v6i1.238

Issue

Section

Jurnal Puan Indonesia vol 6 no 1 July 2024