MATURE IN DEMOCRACY FOR STUDENTS
DEWASA DALAM BERDEMOKRASI BAGI MAHASISWA/MAHASISWI
DOI:
https://doi.org/10.37296/jpi.v5i2.182Keywords:
Demokrasi, Organisasi, Potensi Diri, Democracy, Self-Potential, organisationsAbstract
Demokrasi pendidikan adalah kesetaraan dalam mendapatkan hak dan kewajiban serta mendapatkan perlakuan yang tidak membeda-bedakan dalam mendapatkan pendidikan. Demokrasi pendidikan bukan hanya sekedar prosedur, tetapi juga nilai-nilai pengakuan terhadap harkat dan martabat manusia. Upaya demokrasi pendidikan diharapkan dapat mendorong munculnya individu-individu yang kreatif, kritis, dan produktif tanpa harus mengorbankan harkat dan martabatnya. Pendidikan merupakan proses pembentukan karakter manusia yang bermuara pada kemandirian hidup, membutuhkan pengaturan yang matang dan terencana. Oleh karena itu, peran pendidikan selalu diarahkan pada upaya peningkatan kualitas manusia. Keberhasilan pembangunan suatu bangsa akan sangat tergantung pada kondisi sumber daya manusia, sehingga pada kenyataannya diperlukan penyelenggaraan pendidikan yang mampu mengakomodasi tuntutan lingkungan dan masyarakat. Sehingga dapat terbangun individu-individu yang mau bekerja keras dan belajar sehingga potensi dirinya akan muncul ke permukaan. Potensi diri merupakan kemampuan yang terpendam sehingga harus diaktualisasikan, harus diimplementasikan dan harus dimanfaatkan sehingga dapat berguna bagi masyarakat dan dirinya sendiri. Selain itu, mengikuti organisasi di kampus sangat baik untuk diikuti karena banyak pembelajaran yang dapat diterima, salah satunya dapat bekerja dalam tim. Mengikuti organisasi kampus dapat memberikan kesempatan untuk berkembang dan maju secara pribadi, dengan mengikuti organisasi memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menemukan kemampuan yang terpendam, menekuni hobi baru, dan memperluas wawasan.
References
Alfazani, M. R., & Khoirunisa A, D. (2021). Faktor Pengembangan Potensi Diri: Minat/Kegemaran, Lingkungan Dan Self Disclosure (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 586–597. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.487
Hendra, F. (2018). Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab. Arabiyat?: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 103–120. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7480
Kurniawan, M. Z. (2022). Kenali dan Temukan Potensi dalam Diri: Penerapan Proses Pengenalan Potensi Diri pada Mahasiswa. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 3(2), 207–217. https://doi.org/10.36914/jkum.v3i2.817
Ngongo, K. P., & Gafur, A. (2017). Hubungan Keterlibatan Dalam Organisasi Badan (BEM). Hubungan Keterlibatan Dalam Organisasi Badan (BEM) Dengan keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis Mahasiswa Khristoforus, 4(1), 101–112. involvement%0Ain organization, students’ critical thinking skills and democratic attitudes
Nurrahmaniah. (2019). Peningkatan Prestasi Akademik Melalui Manajemen Waktu (Time Management) dan Minat Belajar Nurrahmaniah Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 149–176.
Pusposari, D. (2017). Pendidikan yang Demokratis dalam Era Global. Seminar Nasional: PS PBSI FKIP Universitas Jember, 83–98.
Richmayati, M., Sandra, E., Nur Isra Laili, Sarmini, & Sarmini, A. (2023). Edukasi Manajemen Konflik Keuangan Dalam Rumah Tangga Dan Konflik Lingkungan Kerja Bagi Wanita Karir. Puan Indonesia, 4(2), 191–198. https://doi.org/10.37296/jpi.v4i2.123
Sumiarsih, E., & Karmedi, M. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Konsep Kebebasan Beroganisasi dan Sikap Demokratis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dan Sikap Demokratis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar di Gusus 2 Bima Sakti Sukmajaya Depok Epon Sumarsih & Memed Karm Program .