IMPLEMENTASI KOMUNIKASI MEDIA DALAM TINDAK TUTUR IKLAN PRODUK INDOMIE DI YOUTUBE

Penulis

  • Andini Dwi Jayani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mhd Syahminan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.37296/esci.v4i1.142

Kata Kunci:

Produk Indomie, Tindak Tutur, Iklan Indomie

Abstrak

Penelitian mengenai tindak tutur ini peneliti gunakan untuk mengetahui bagaimana peristiwa tuturan yang dilontarkan oleh seseorang dalam menyampaikan sebuah makna. Peneliti menggunakan tindak tutur lokusi, ilokusi, serta perlokusi untuk menganalisis permasalahan yang ada pada iklan mie instan di televisi yang pada masa ini sangat digemari oleh masyarakat. Penelitian ini dianggap penting karena bahasa merupakan objek penting dalam pemasaran produk. Selain itu, penelitian ini dapat membantu memperluas pengetahuan kita tentang tindak tutur dalam iklan. Disini peneliti memakai metode deskriptif kualitatif dengan strategi pragmatis dan penganalisisan iklan yang banyak menerapkan bahasa iklan pada produk mie instan indomie. Data ini peneliti peroleh dengan cara mengamati, menyimak, dan mencatat isi di dalam iklan untuk segera di analisis. Hasil yang diteliti oleh peneliti adalah tentang betapa pentingnya penggunaan tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi dalam dunia periklanan untuk menyatakan maksud dan tujuan dari pembuatan iklan tersebut.

Referensi

Arma, D. K., & Katubi. (2022). Tindak Tutur dan Kesantunan (M. Aditiawarman, Ed.). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali, Ed.). Wal ashri Publishing. McQuail’s, D. (2001). Mass Communication Theory. SAGE Publications, Inc.

Muhammad Rohmadi. (2014). Kajian Pragmatik Percakapan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Mukodas, Mahajani, T., & Mukhtas, R. H. (2020). Perubahan Makna Pada Iklan Mi Instan dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Semantik Bahasa Indonesia.

Rusminto. (2009). Analisis Wacana Bahasa Indonesia (buku ajar) Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Rustono. (1999). Pokok-Pokok Pragmatik. IKIP Semarang Press.

Utomo, N. P. (2023). Tindak Tutur dalam Iklan Sabun Pembersih Wajah. 13, 132. Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded

Theory (Masbur, Ed.). FTK Ar-Raniry Press.

Wijana. (1996). Dasar-Dasar Pragmatik. Andi Offset.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-30

Cara Mengutip

Andini Dwi Jayani, & Syahminan, M. . (2024). IMPLEMENTASI KOMUNIKASI MEDIA DALAM TINDAK TUTUR IKLAN PRODUK INDOMIE DI YOUTUBE. EScience Humanity Journal, 4(1), 152-160. https://doi.org/10.37296/esci.v4i1.142

Terbitan

Bagian

eScience Humanity Journal Volume 4 Number 1 November 2023