STRATEGI KOMUNIKASI GURU SLB YAPSI TEBING TINGGI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MURID SAAT BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.37296/esci.v4i1.136Kata Kunci:
Strategi, Komunikasi , Guru, Sekolah Luar BiasaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk orang-orang yang ingin mengetahui bagaimana cara anak berkebutuhan khusus berkomunikasi dengan manusia lain yang normal (guru) atau sesama anak ABK. Mengetahui strategi yang digunakan oleh para guru SLB untuk mengajar dan berkomunikasi dengan baik. Terakhir, untuk mengetahui respon para murid dan melihat seberapa tanggap mereka menerima pelajaran. Metode yang peneliti gunakan adalah dengan metode deskriptif kualitatif. Metode ini juga dilengkapi dengan tahapan-tahapan, seperti tahapan pertama mencari dan mengumpulkan data, tahap kedua mewawancarai para guru, dan yang ketiga berinteraksi dan mengobservasi guru dan para murid di dalam kelas. Beberapa strategi yang ditemukan peneliti dalam proses belajar mengajar di Sekolah Luar Biasa YAPSI sampai bisa berkomunikasi dengan murid yang lain membuat peneliti harus menjabarkan beberapa strategi yang di observasi dan dijelaskan oleh beberapa guru. Salah satu nya adalah Bahasa isyarat yang wajid digunakan oleh para murid. Peneliti melakukan penelitian di salah satu Sekolah Luar Biasa Swasta YAPSI yang terletak di Kota Tebong Tinggi dengan fokus pada tuna rungu dan tuna wicara serta tuna grahita. Artikel ini dibuat atas izin dan kontribusi Kepala Yayasan dan Kepala Sekolah dan para Guru dan murid SLB Swasta YAPSI di Kota Tebing Tinggi.
Referensi
Andani1, F., Octavia2, R., Pahera3, D., Alisah4, S., Erda, W., Andani, N. S., Fatmawati, I. N., & Bengkulu, S. (n.d.). Teacher’s Strategy in Providing Learning to Children with Special Needs in Class III State Special Schools (SLB) 5 Bengkulu City Strategi Guru Dalam Memberikan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas III Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 5 Kota Bengkulu. In JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (Vol. 4, Issue 1). http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index
Audina, R. (2020). Strategi Komunikasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Proses Belajar Mengajar Di Sd Muhammadiyah 20. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi.
Fitrya, A. (2021). Strategi Komunikasi Guru Dalam Membentuk Kemandirian Dan Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di Slb Mutiara Hati Kelurahan Sei Rotan Medan.
Darma Setya, E., & Ernawati, S. (n.d.). PERAN GURU TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA TUNAGRAHITA DI SLB BC YPPS NGEMPLAK. https://doi.org/10.3287/ljpbk.v1i1.325
Dortje L. Y. Lopulalan, N. P. S. D. S. H. A. S. A. D. M. P. L. C. C. K. N. N. M. P. P. W. E. N. M. C. S. Putri. (2024). Teori-Teori Komunikasi (Evi Damayanti, Ed.; pp. 34–34). Penerbit Widina Media Utama.
Evarahma, G. G. (2022). KOMUNIKASI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS . Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, Vol.4 No.1, 3–4.
Fadila Ulfa, U., & Nur Wijayani, ah. (2023). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial Pola Komunikasi Guru Dalam Memotivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Samudra Lavender Bangkalan. 2(9), 2023–2054.
Mauliddiyah, M. U. R. (2020). Strategi Komunikasi Berbasis Humanistik Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Multisitus di SLB B Negeri Tulungagung dan SLB C Negeri Tulungagung). Pascasarjana IAIN Tulungagung.
Nirbita, B. N. , & W. B. (2022). Komunikasi Pendidikan. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia. Madiun: CV. Bayfa Cendikia Indonesia.
Nurfadillah, S., Riswanti, C., Mufliha, D., & Solatun, S. (2022). PENDIDIKAN INKLUSI: GANGGUAN KETERLAMBATAN BICARA (SPEECH DELAY) PADA SISWA SDN SUKASARI 5. TSAQOFAH Jurnal Penelitian Guru Indonesia, Volume 2, nomor 6, 3–3.
Nurjanah. (2020). Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Siswa Tunarungu Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial (Studi Kasus Di Sekolah Luar Biasa Tunarungu Pertiwi Bangunsari Ponorogo, Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab & Dakwah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Ponorogo.
Nurmawan, L. S. N. (2021). Strategi Komunikasi Guru Pada Pembelajaran Anak Slb Erha Di Masa Pandemi. Universitas Kristen Satya Wacana.
Nurinayah, & Kurnia Sf, A. (2023). Strategi Komunikasi Non Verbal Antara Guru Dengan Siswa Tunarungu Di Slb Negeri 1 Sumbawa. Uts Student CONFRENCE, 1(5).
puspresnas2. (2022). puspresnas. Internet.
Saputri, D. N. P. (2023). Strategi Komunikasi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Di Mi Sudirman Gondang Legi, Jumapolo, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2022/2023. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said.
Suwastarini, N. N. (2023). Strategi Coaching Untuk Mengoptimalkan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Modul Ajar Di Slb Negeri 1 BADUNG. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 99–108. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2204
Tabroni, G. (2022, April 27). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif (Konsep & Contoh). Serupa.Id.
Triwardhani, I. J. (2020). Komunikasi Terapeutik Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Sekolah. Vol. 7 No. 3, 5–5.
Usc Uts Student Confrence. (N.D.).
Veneranda Sadubun, N., & Wahyudin Rohaedi, D. (N.D.). Strategi Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Anak Autis Di Slb Autis Harapan Bunda Surabaya.
Zulia, A., Harahap, S., & Anas Azhar, A. (2023). Pola Komunikasi Interpersonal Guru Slb Dalam Memperkenalkan Pendidikan Seksual Di Slb Negeri Autis SUMATERA UTARA. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(3), 953–962. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i3.702