Teaching Student Speaking Skill Through Media Audio -Visual With The Short Movie The king’s Speech At SMKN 1 Sepuluh
DOI:
https://doi.org/10.37296/esci.v4i2.109Kata Kunci:
Keterampilan berbicara, Audio visual Media, Film pendekAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengalaman siswa menggunakan film sebagai media pembelajaran dan bagaimana penggunaan film mempengaruhi keterampilan berbicara siswa. Pengajaran berbicara bukan sekedar mengajarkan siswa untuk menghasilkan kata-kata yang diucapkan untuk mengungkapkan perasaannya, seperti ide dan pikiran tetapi juga memfasilitasi siswa dalam bernegosiasi memfasilitasi siswa dalam bernegosiasi berarti menggunakan pengetahuan umum tentang situasi dan subjek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling terhadap siswa SMK N 1. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan milles huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film pendek dapat digunakan sebagai sumber belajar alternatif dalam pengajaran pidato sehingga siswa tidak bosan. Antusiasme siswa yang tinggi dapat menjadikan siswa lebih aktif dan mudah dalam memahami. Selain itu, film pendek seperti The King's Speech dapat memberikan contoh yang kuat kepada siswa tentang pentingnya komunikasi yang efektif dalam berbicara di depan umum. Hal ini meniru model Raja George VI. Siswa akan belajar tentang tantangan yang dihadapi ketika berbicara di depan umum dan bagaimana mengatasi hambatan tersebut dengan kemauan dan usaha. Dengan menganalisis teknik yang digunakan dalam film ini, seperti latihan pernapasan dan penggunaan jeda yang tepat, siswa akan memperoleh wawasan berharga tentang cara meningkatkan kemampuan. keterampilan berbicara mereka. Ini bukan sekedar pembelajaran akademis, tetapi juga pembelajaran yang menginspirasi dan memotivasi siswa untuk mengatasi ketakutan mereka dan mengembangkan rasa percaya diri dalam berbicara di depan umum.
Referensi
Andrade, C. (2021). The Inconvenient Truth About Convenience and Purposive Samples. Indian Journal of Psychological Medicine, 43(1), 86–88. https://doi.org/10.1177/0253717620977000
Andrian, D., Kiptiyah, M., Stkip Pgri Bangkalan, ), & Pgri Bangkalan, S. (n.d.). PETUNJUK PENULISAN NASKAH ARTIKEL (AN ANALYSIS OF STUDENTS’ DIFFICULTIES IN ENGLISH SPEAKING AT FRESHMAN OF ENGLISH LANGUANGE EDUCATION ).
Arini, M., & Wahyudin, A. Y. (n.d.). STUDENTS’ PERCEPTION ON QUESTIONNING TECHNIQUE IN IMPROVING SPEAKING SKILL ABILITY AT ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM. In JOURNAL OF ARTS AND EDUCATION (Vol. 2, Issue 1).
Crisianita, S., & Mandasari, B. (2022). The Use of Small-Group Discussion to Imrpove Students’ Speaking Skill. In Journal of Research on Language Education (JoRLE) (Vol. 3, Issue 1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JoRLE/index
Guebba, B. (2021). British Journal of Philosophy, Sociology and History The Nature of Speaking in the Classroom: An Overview. https://doi.org/10.32996/bjpsh
Hakim, M. A. R., Anggraini, N., & Saputra, A. (2019). Gallery Walk Technique to Improve Students’ Speaking Skill. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 4(1), 26. https://doi.org/10.24903/sj.v4i1.251
Hariani, D., Rositasari, T., Rara Saraswaty, D., & Negeri, S. (2018). THE IMPLEMENTATION OF AUDIO-VISUAL MEDIA TO IMPROVE MOTIVATION IN SPEAKING ENGLISH AT ELEVENTH GRADE STUDENTS (Classroom Action Research at SMAN 4 Palembang). In English Community Journal (Vol. 2, Issue 2).
Haryudin, A., & Jamilah, S. A. (2018). TEACHER’S DIFFICULTIES IN TEACHING SPEAKING USING AUDIO VISUAL AID FOR AUTISTIC STUDENTS. In ELTIN Journal (Vol. 6).
Irmawati, B. (n.d.). UTILIZING AUDIO VISUAL AIDS TO IMPROVE ENGLISH SPEAKING SKILL FOR THE EIGHT GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 3 BANAWA A SKRIPSI.
Kalpokaite, N., & Radivojevic, I. (n.d.). The Qualitative Report The Qualitative Report Demystifying Qualitative Data Analysis for Novice Qualitative Demystifying Qualitative Data Analysis for Novice Qualitative Researchers Researchers (Vol. 24). https://nsuworks.nova.edu/tqr/vol24/iss13/5
Khotimah, H., Hafidz, M., Pd, M., Yusuf, M., & Pd, A. M. (n.d.). THE YOUTUBE OF NAS DAILY CHANEL IN TEACHING SPEAKING SKILL.
Laila, N. (n.d.). The Implementation Of Two Stay Two Stray Technique On Students Speaking Skills At SMP Al Mursyidiyah.
Madiyoh, R., Hidayanto, N., & Putro, P. S. (2018). The Effectiveness of Authentic Short Movies in Enhancing Students Speaking Skill. https://doi.org/10.14662/IJELC2018.030
Mardiyah, M., & Badriah, A. M. (2023). An Analysis of Teacher’s Strategies in Teaching Speaking Skills Through Cartoon Movie. Candradimuka: Journal of Education, 1(2), 69–75. https://doi.org/10.60012/cje.v1i2.45
Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-enhanced learning and teaching methodologies through audiovisual media. In Education Sciences (Vol. 9, Issue 3). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/educsci9030196
Nur Syafiq, A., Rahmawati, A., & Oktaviana, T. (2021). Increasing Speaking Skill through YouTube Video as English Learning Material during Online Learning in Pandemic Covid-19 ARTICLE HISTORY. In Elsya : Journal of English Language Studies (Vol. 3, Issue 1). http://ojs.journal.unilak.ac.id/index.php/elsya
Parmawati, A., & Inayah, R. (n.d.). IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH ENGLISH MOVIE IN SCOPE OF SPEAKING FOR GENERAL COMMUNICATION.
Pendidikan Bahasa dan Seni, F., & Kiptiyah, M. (n.d.). Journal of English Language Teaching) Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP. In Month Year. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/joelt
Pratiwi, V. U. (2018). The Use of Audio-Visual Media in Milenial Instruction.
Riaz, N., Haidar, S., & Hassan, R. (2019). Developing English Speaking Skills: Enforcing Testing Criteria. Global Social Sciences Review, IV(II), 132–142. https://doi.org/10.31703/gssr.2019(iv-ii).18
Saltri Yudar, R., Tito Aditomo, D., & Sariahta Silalahi, N. (2020). The Movie as a Helper for Students’ Pronunciation in Speaking Skill Class ARTICLE HISTORY KEYWORDS. In ELSYA: Journal of English Language Studies (Vol. 2, Issue 1). http://ojs.journal.unilak.ac.id/index.php/elsya
Sundler, A. J., Lindberg, E., Nilsson, C., & Palmér, L. (2019). Qualitative thematic analysis based on descriptive phenomenology. Nursing Open, 6(3), 733–739. https://doi.org/10.1002/nop2.275
UTILIZING AUDIO VISUAL AIDS TO IMPROVE ENGLISH SPEAKING SKILL FOR THE EIGHT GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 3 BANAWA. (n.d.).