Etika Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Kepada Dosen Melalui Smartphone
DOI:
https://doi.org/10.37296/esci.v4i2.140Keywords:
Etika, Komunikasi, Interpersonal, Mahasiswa, DosenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Etika Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Kepada Dosen Melalui Smartphone. Selain itu, untuk mengetahui unsur-unsur yang mempengaruhi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara kurang beretika dalam berkomunikasi dengan dosen saat menggunakan handphone. Di era modern seperti sekarang, mahasiswa sering berkomunikasi dengan dosen melalui perangkat elektronik dan platform digital, salah satunya adalah aplikasi WhatsApp. Namun, masih sering terjadi permasalahan dalam berkomunikasi, seperti kurangnya perhatian mahasiswa terhadap waktu dan penggunaan kalimat yang sopan. Metodologi kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Mahasiswa yang belajar ilmu komunikasi di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara menjadi sumber data penelitian ini. Para mahasiswa ini berkomunikasi dengan para profesor mereka melalui telepon genggam. Selain itu, berbagai artikel yang berkaitan dengan etika komunikasi interpersonal menyediakan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang menggabungkan wawancara dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa ilmu komunikasi memiliki etika komunikasi interpersonal yang kuat ketika berinteraksi dengan dosen melalui smartphone. Dengan melihat data yang telah peneliti kumpulkan, yang menunjukkan bahwa mahasiswa menyapa dosen melalui aplikasi Whatsapp, memperkenalkan diri, berkomunikasi secara langsung, dan mengungkapkan rasa terima kasih kepada dosen ketika dosen merespon chatting mereka, peneliti dapat menarik kesimpulan mengenai perilaku mereka. Lingkungan sekitar kampus UIN Sumatera Utara yang merupakan lokasi yang islami menjadi elemen kedua yang mempengaruhi etika komunikasi mahasiswa ilmu komunikasi. Pengaruh dosen di kampus juga menjadi faktor lain, karena mereka sering mengajarkan mahasiswa teknik komunikasi yang efektif. Selain itu, media sosial juga menjadi faktor yang mempengaruhi.
References
Azrimaidaliza. (2021). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Keluarga dalam Meningkatkan Imunitas Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 20(1), 13.
Azwar, S. (2019). Metode Penelitian,Cet. ke-III. Pustaka Pelajar.
Dailami. (2023). komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen (perspektif surat pribadi ).
Dede Zelviana Fitri. (2020). Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Melati Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Berdagai. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Hidayah. (2019). Komunikasi Interpersonal Dosen Perempuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Dalam Membangun Keluarga Harmonis. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Ihsani, A. F. A., & Febriyanti, N. (2021). Etika Komunikasi Sebagai Kontrol Kesalehan Virtual dalam Perilaku Bermedia Masyarakat di Era Digital. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 2(1), 24. https://doi.org/10.36722/jaiss.v2i1.512
jamil, jumrah. (2022). etika profesi guru.
Karyaningsih, P. D. (2018). Ilmu Komunikasi. Samudera Biru.
liliweri, alo. (2017). komunikasi antar personal.
Makripuddin dan karjono. (2021). pengembangan kompetensi penyuluh kb di era revolusi industri 4.0 -jejak pustaka.
Marjoko, S. (2023). Etika Komunikasi Media Sosial Dalam Kajian Kitab Tripitaka. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan , 23(1), 53–62.
Marzuki, P. M. (2005). Penelitian Hukum. PT Karisma Putra Utama.
Matthew B dan A Michael Huberman. (1992). Qualitative Data Analysis. Sage Publication.
Mudjiono, Y. (2019). Komunikasi Sosial. Journal Ilmu Komunikasi, 2(1), 21.
Muhammad Mufid, M. S. (2020). Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Kencana.
Mulyana, D. (2019). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.
Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, & A.Rafiq. (2019). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 1(1), 14–24.
Nabillah, N., Monang, S., & Batubara, A. K. (2022). Komunikasi Interpersonal Pasangan Suami Istri Beda Agama dalam Mewujudkan Keharmonisan Rumah Tangga (Studi Kasus Kampung Madras Medan). MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 219–225. https://doi.org/10.30743/mkd.v6i2.5265
Nursapiah, H. (2020). Penelitian kualitatif.
Oktafien, S. (2019). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja, Komunikasi Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Wacana Kerja, 2(2), 8.
Rufaida, H. (2017). Menumbuhkan Sikap Multikultural Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran IPS. 4(1), 14–24. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.4343.Permalink/DOI
Rahmi, S. (2021). komun.
Samsu. S. (2021). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA) (Issue May 2021).
sarumaha, dkk. (2023). kewirausahaan.
Syawal Kurnia Putra, Erwin Hafid, & Arifuddin Ahmad. (2023). Etika Berkomunikasi Dalam Presfektif Hadis. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i2.218
Tarigan, A. A. (2019). Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi. FEBI UIN-SU Press.